Ziarah dalam rangka memperingati HUT Ke-75 Pomad

Oleh Berita Satuan

Danpuspomad Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc memimpin kegiatan ziarah dalam rangka memperingati HUT Ke-75 Polisi Militer TNI Angkatan Darat Tahun 2021 bertempat di Taman Makam Pahlawan Nasional, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (18/06/2021)

Turut hadir dalam acara ini para sesepuh dan senior Pomad, para Perwira Tinggi Pomad yang bertugas di luar Corps, Wadanpuspomad beserta PJU Puspomad dan Ketua Persit KCK Cabang BS Puspomad beserta pengurus.

Tanpa mengurangi khidmatnya acara, jumlah peserta yang hadir dibatasi, sehingga protokol kesehatan tetap dapat terjaga.

Napak tilas di pusat Kerajaan Majapahit peringati HUT Ke-75 Pomad

Oleh Berita Satuan

Peringatan HUT Ke-75 Polisi Militer TNI Angkatan Darat tahun ini diperingati dengan melakukan napak tilas di Bhumi Majapahit, Mojokerto Jawa Timur, Sabtu (12/6/2021).

Napak tilas dipimpin langsung oleh Danpuspomad Letjen TNI Chandra W.Sukotjo, M.Sc., didampingi Ketua Persit KCK Cabang BS Puspomad Ny. Tamara Chandra W. Sukotjo. Turut hadir dalam kegiatan ini Letjen TNI (Purn) Dodik Wijanarko, S.H., C.Fr.A., Dan PMPP TNI Mayjen TNI Victor H. Simatupang, M.Bus., Danpuspom TNI Mayjen TNI Eddy Rate Muis, S.H.,M.H., Wadanpuspomad Mayjen TNI Rudi Yulianto, Kolonel Cpm (Purn) Eddy M. Pattinasarani, Brigjen TNI (Purn) Drs. Sucastiyono, S.H dan Pejabat Utama Puspomad.  

Kedatangan rombongan disambut oleh Kasdam V/Brw Brigjen TNI Agus Setiawan, S.E., Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf M.Dariyanto, Danpomdam V/Brw Kolonel Cpm M. Sawi, Bupati Kabupaten Mojokerto Ibu dr. HJ. Ikfina Fahmawati, M.Si. dan pejabat Forkopimda Kabupaten Mojokerto.

Dalam sambutannya, Danpuspomad mengatakan bahwa pemilihan napak tilas di Pendopo Agung Trowulan  adalah untuk mengingat masa kejayaan Majapahit yang dipimpin Raja Hayam Wuruk dengan Maha Patih Gajah Mada yang bertekad kuat menyatukan Nusantara.

“Nilai-nilai yang digariskan oleh Mahapatih Gajah Mada telah menjadi pedoman bagi Corps Polisi Militer Angkatan Darat yang dikenal dengan Panca Dharma Corps yang terdiri dari Sifat ksatria, Sifat bijaksana, Pantang mundur, Kebesaran hati dan Kejujuran” jelasnya.

“Di hari ulang tahun ke-75 ini kami seluruh prajurit Corps Polisi Militer Angkatan Darat bertekad menjadi prajurit Polisi Militer Angkatan Darat yang profesional dan adaptif yang siap mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat ” tegas Danpuspomad.

Pada kesempatan itu pula, Danpuspomad meresmikan renovasi joglo patung Gajahmada yang berada di halaman Pendopo dan menyerahkan bantuan sosial kepada warga yang tinggal di sekitar Pendopo Agung Trowulan.

Doa Bersama Menjelang HUT Ke 75 Pomad

Oleh Berita Satuan

Memperingati HUT Ke 75 Pomad yang jatuh pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang, Puspomad melaksanakan Doa bersama yang diikuti seluruh personel Puspomad. Kamis (10/06/2021).

Dalam doa yang dipimpin Kolonel Caj Drs. Abu Haris Mutohar, M.Si di Aula Gatot Soebroto, memohon agar seluruh prajurit Pomad dan keluarga dimanapun berada, mendapatkan ridho dan berada dalam lindungan Allah SWT, selalu diberi kesehatan dan kekuatan sehingga mampu melaksanakan tugas secara profesional dan adaptif dalam mendukung Tugas Pokok TNI AD.

Kegiatan Doa bersama dilaksanakan secara serentak, yang beragama Islam bertempat di Aula Gatot Soebroto, agama Kristen di ruang rapat Lt. II dan agama Hindu di Lt II Gedung S. Parman, Mapuspomad Jakarta.

Kegiatan doa bersama ini juga digelar untuk memohon keselamatan dan kelancaran agar selama rangkaian peringatan HUT Ke-75 Pomad dapat berjalan dengan tertib dan aman.

MENYAMBUT HUT KE 75 POMAD, PUSPOMAD GELAR DONOR DARAH

Oleh Berita Satuan

Hari ini, Rabu (9/06/2021), digelar kegiatan Donor darah di Puspomad dalam rangka memperingati HUT ke-75 Pomad, bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah RSPAD Gatot Soebroto.

Kegiatan dibuka langsung oleh Komandan Pusat Polisi Militer TNI Angkatan Darat Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc. dan dihadiri oleh Pejabat Utama Puspomad dan pengurus Persit KCK PCBS Puspomad.

Selain itu, sebanyak 303 pedonor terdiri dari personel Puspomad, perwakilan dari Puspom TNI, perwakilan dari Puspomal, Puspomau, Pom Kostrad, Yonwalprotneg, Yonpomad dan Divpropam Polri tampak hadir meramaikan kegiatan ini. Pihak panitia dengan ketat  menjalankan protokol kesehatan selama berlangsungnya acara.

Dalam sambutannya Danpuspomad mengucapkan terimakasih atas partisipasi peserta dalam menyumbangkan darahnya pada kesempatan hari ini. “Donor darah yang kita laksanakan dalam rangka HUT ke-75 Pomad ini merupakan wujud kepada bangsa dan negara, karena satu kantung darah bisa memberi kehidupan bagi orang yang membutuhkan, terlebih saat masa pendemi Covid-19 yang sangat membutuhkan banyak stok darah bagi PMI setempat,” ujarnya.

Disinggung juga tentang pepatah “A little blood for a big hope”, dimana bermakna dengan sedikit darah yang diberika akan memberikan harapan besar dan membantu banyak orang yang membutuhkan.

Kegiatan Donor darah yang digelar merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT Ke-75 Pomad yang jatuh pada tanggal 22 Juni 2021.

POMAD VIRTUAL RUN 2021

Oleh Berita Satuan

Dalam rangka memperingati HUT ke 75 Polisi Militer TNI Angkatan Darat, akan diselenggarakan POMAD VIRTUAL RUN 2021, ini kegiatan Lari secara virtual dengan menggunakan Aplikasi DEOS yang dapat diinstal dari aplikasi Google Play (Android) dan Appstore (iOS).

Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online melalui https://pomad2021.deossport.com/
, mulai tanggal 24 Mei sampai 20 Juni 2021, sedangkan pelaksanaannya Run pada tanggal 22 Juni sampai 8 Juli 2021. Pelaksanaan lari dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, yang penting diantara tanggal diatas. Lari dilaksanakan sejauh 5 Kilometer, apabila tidak kuat lari dapat dilanjutkan dengan jalan kaki yang penting tercapai jarak 5 Kilometer. Namun ingat tetap lakukan protokol kesehatan di masa Pandemi, jangan lari berkerumun dan tetap jaga jarak.

Biaya pendaftaran via Aplikasi sebesar RP 135.000, dan peserta akan mendapatkan Medali 75 Th Pomad dan Jersey Premium yang akan dikirim secara gratis via JNE ke alamat rumah sesuai pendaftaran.

Harapannya kegiatan ini dapat memecahkan rekor MURI yang akan diserahkan pada saat acara Syukuran HUT ke 75 Pomad tanggal 22 Juni 2021.

Yang terpenting dengan mengikuti kegiatan ini masyarakat menjadi sehat dan bugar, meskipun di masa pandemi ini.

ACARA SERAH TERIMA JABATAN DIRCAB DAN DANSATIDIK PUSPOMAD

Oleh Berita Satuan

Danpuspomad Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc. memimpin Upacara Sertijab (Serah Terima Jabatan) Dircab (Direktur Kecabangan) dari Brigjen TNI Fauzy Helmy D, S.H., kepada Brigjen TNI Eko Yatma Pranowo dan sertijab Dansatidik (Komandan Satuan Penyidik) dari Brigjen TNI Eko Yatma Pranowo kepada Kolonel Cpm Kemas A. Yani Y., S.H., M.Hum.,.Upacara Sertijab dilaksanakan di Ruang Hening Gedung S. Parman Mapuspomad, Jakarta, Senin (31/05/2021).

Wadan Puspomad Mayjen TNI Rudi Yulianto dan para pejabat utama Puspomad turut menghadiri upacara tersebut.

Setelah Upacara Sertijab Danpuspomad memberikan Cinderamata kepada Brigjen TNI Fauzy Helmy D, S.H. dan ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada Brigjen TNI Fauzy Helmi, atas pelaksanaan tugasnya dengan baik selama mengemban tugas di lingkungan Puspomad. Begitu juga, Danpuspomad mengucapkan Selamat kepada Brigjen TNI Eko Yatma P, dan Kolonel Cpm Kemas A. Yani, atas amanah jabatan baru di lingkungan Puspomad.

TATAP MUKA VIRTUAL DANPUSPOMAD DAN KETUA PERSIT KCK CABANG BS PUSPOMAD DENGAN SELURUH ANGGOTA PERSIT JAJARAN SATPOMAD SE-INDONESIA

Oleh Berita Satuan

Persit KCK PCBS Puspomad menyelenggarakan pertemuan gabungan secara virtual dengan para Ketua Ranting 5 Pom dan anak ranting beserta anggota Persit KCK Pomad se-Indonesia bertempat di Ruang Rapat Mapuspomad, pada hari Kamis (29/04/2021)

Kegiatan virtual ini diikuti oleh 60 Participant yang terdiri dari Persit jajaran Satpomad / luar Satpomad di seluruh wilayah Indonesia, selain untuk melakukan silaturahmi juga bertujuan mensosialisasikan struktur organisasi di tingkat Persit KCK PCBS Puspomad dan menginformasikan ulang tentang penggunaan atribut yang berlaku di Persit Kartika Chandra Kirana.

Hadir dalam kesempatan ini, Danpuspomad Letnan Jenderal TNI Chandra W Sukotjo, M.Sc. didampingi Ketua Persit KCK Cabang BS Puspomad Ny. Tamara W Sukotjo, Wakil Ketua Persit KCB Cabang BS Puspomad Ny Aan Rudi Yulianto, Pembina Harian Brigjen TNI Sudirman dan Pengurus Cabang BS  Puspomad.

Dalam sambutannya, Danpuspomad berpesan agar Persit harus bisa menciptakan suasana yang harmonis didalam rumah tangga. Gunakan kegiatan Persit untuk belajar kembangkan diri, baik dalam kemampuan berfikir, bersikap, dan berprilaku sesuai nilai etika, serta manfaatkan Persit sebagai cara untuk memantapkan Estetika diri. 

“Anggota persit juga harus meningkatkan keimanan, ikuti dan patuhi perintah Pimpinan TNI AD, Jangan mudah terprovokasi dengan berita Hoax, Batasi penggunaan Sosial Media karena bahaya bagi diri sendiri, keluarga, maupun kepentingan TNI AD dan Hindari terulangnya kasus yang melibatkan anggota Persit” tegas Danpuspomad.

Tidak lupa Danpuspomad mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kehadiran ibu-ibu persit dalam acara virtual ini. “Ini merupakan sebuah penghormatan kepada istri dan seluruh pengurus puspomad” ujar Danpuspomad.

Diakhir acara, Ny Tamara W Sukotjo memberikan hadiah kepada Persit jajaran Satpomad yang menjuarai lomba yel yel dalam kegiatan pertemuan tersebut. Juara 1 Persit Iskandar Muda/Aceh, juara 2 Persit Pusdikpom/Cimahi, juara 3 Persit Patimura/Ambon, juara harapan 1 Brawijaya/Surabaya dan juara harapan 2 Persit Bukit Barisan/Medan.  Pemberian hadiah ini untuk membangkitkan soliditas dan semangat serta kegembiraan diantara Persit jajaran Satpomad. (pen)

Danpuspomad Raih Predikat Petembak Terbaik Kedua Pada Kejurnas Kasau Cup 2021

Oleh Berita Satuan

JAKARTA, tniad.mil.id – Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad) Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc berhasil meraih predikat terbaik kedua dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak Kasau Cup 2021 untuk Kategori Eksekutif Umum yang digelar pada hari Minggu (28/3/2021).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Puspomad, Senin (29/3/2021), Lomba Tembak Kasau Cup 2021 Kategori Eksekutif umum ini dilaksanakan di Lapangan Tembak Djamsuri Wing 1 Paskhas Halim Perdana Jakarta Timur.

Lombak menembak eksekutif pada Kejurnas Kasau Cup 21 dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., diikuti oleh oleh 56 peserta dari berbagai kalangan antara lain pejabat negara, pejabat Polri, pejabat TNI, pejabat TNI AD, pejabat TNI AL, pejabat TNI AU dan purnawirawan serta umum.

Dalam lombak kali ini, cabang yang dipertandingkan adalah menembak sesuai dengan materi menembak Eksekutif, serta duel falling plate.

Pada lombak menembak eksekutif umum pada Kerjurnas Kasau Cup 21 berlangsung mulai pukul 07.00 WIB – 11.00 WIB dengan menghasilkan para juara, juara pertama Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, S.E,M.M, , juara kedua Danpuspomad Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc, serta juara ketiga Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S.

Kejurnas Menembak Kasau Cup Tahun 2021 yang berlangsung dari 23 s.d. 28 Maret 2021, diikuti 683 atlet dari 16 Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (Perbakin) dan 80 Shooting Club dari seluruh Indonesia. (Dispenad)