Danpuspomad Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc memimpin acara Serah Terima Jabatan dan Alih Tugas Perwira Golongan IV, V, VI dan Sertijab Danyonpomad Puspomad di Aula Lt.2 Gedung Gatot Soebroto Puspomad, Rabu (21/07/2021).

Oleh Berita Satuan

Pejabat Golongan IV yang bertugas pada Jabatan baru yaitu Dirbingakkum Puspomad Kolonel Cpm Safrin Rachman, S.H. M.H, Dirbinidik Puspomad Kolonel Cpm Yogaswara, S.Sos, M.M, Wadansatidik Puspomad Kolonel Cpm Benyamin, S.H., M.M., Pamen Ahli Bidang Bang Org Puspomad Kolonel Cpm Antonius Widodo, S.I.P., Irutben Itpuspomad Kolonel Cpm Muhamad Faisal Amin Lubis dan Danpom Kostrad Kolonel Cpm Priatmoko, S.H. S.I.P.

Selanjutnya Jabatan Danyonpomad Puspomad diserahterimakan dari Mayor Cpm Yudha Pratama, S.H, M.M kepada Mayor Cpm Sundoro.

Acara dihadiri oleh Wadanpuspomad dan Pejabat Utama Puspomad secara terbatas dan selama acara berlangsung mengikuti aturan protokol kesehatan Covid 19.

Danpomdam XIII/Merdeka Kolonel Cpm R. Tri Cahyo Budi A. S.I.P, menyambut kedatangan Danpuspomad Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc. dan Ketua Persit KCK Cabang BS Puspomad Ny. Tamara Chandra W. Sukotjo di VIP Room Pemprov Sulut Bandara Sam Ratulangi. Menado, (Rabu,07/07/2021).

Oleh Berita Satuan

Kunjungan kerja Danpuspomad dalam rangka meresmikan Staltahmil Pomdam XIII/Merdeka dan meninjau persiapan personel Pomdam XIII/Merdeka dalam mendukung Latma Garuda Shield 2021 yang akan dilaksanakan di Kodam XIII/Merdeka.

Kegiatan berlangsung dengan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat.

Tingkatkan Kinerja Satuan Pomad, Puspomad Gelar Lomba Video Kreatif

Oleh Berita Satuan

JAKARTA, Memperingati HUT ke-75 Pomad, Danpuspomad Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc. memberikan instruksi kepada seluruh Dansatpomad memberikan karya nyata dan inovasi terbaiknya untuk mendukung pelaksanaan tugas.

Dalam keterangan tertulis Kepala Penerangan Puspomad Letkol Cpm Dwi Indra Wirawan, Jumat (25/6/2021), karya tersebut dituangkan dalam bentuk Video Inovatif dan Kreatif masing-masing satuan Pomad di seluruh Indonesia dan dikirimkan ke Mapuspomad sebelum acara syukuran hari jadi Pomad tanggal 22 Juni 2021 lalu.

Setelah melalui proses seleksi oleh para Perwira Tinggi Puspomad dan dibantu penilaian dari tim Dispenad, terpilih 5 (lima) Video Inovasi Kreatif dari Pomdam Iskandar Muda, Pomdam III/Siliwangi, Pomdam XVII/Cendrawasih, Pomdam XVIII/Kasuari dan Pusdikpom Kodiklatad.

“Lomba Video Inovatif dan kreatif ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja satuan Pomad, bahwa setiap pelaksanaan tugasnya, personel Pomad harus mampu berinovasi, dan kreatif untuk memajukan satuannya, “ tutur Danpuspomad.

Dengan diadakannya lomba Video Inovatif dan kreatif ini, diharapkan akan muncul ide inovatif dan kreatif dari seluruh Satuan Pomad demi kemajuan Polisi Militer TNI Angkatan Darat. Tema yang diusung pada HUT ke 75 Pomad yang juga sebagai tema lomba Video Inovatif dan kreatif “Pomad yang Profesional dan Adaptif siap mendukung tugas pokok TNI AD”

“Saya mengharapkan agar seluruh prajurit Polisi Militer TNI Angkatan Darat berbuat serta berkarya dengan mengisi hal-hal positif dan inovatif, munculkan ide-ide kreatif yang dapat mengangkat dan mengharumkan nama Polisi Militer TNI Angkatan Darat, “ tegas Danpuspomd.

Penayangan video dilakukan saat acara Syukuran HUT Ke 75 bertempat Aula di Yonpomad Jonggol. Pada kesempatan itu setelah penayangan disaksikan oleh para undangan, Danpuspomad memilih langsung Video inovatif dari Pusdikpom Kodiklatad sebagai Video Inovasi satuan terbaik.

Pemilihan pemenang oleh tim juri, berdasarkan 70 aspek inovasi dan 30 aspek pembuatan video, antara lain kualitas gambar, isi konten dan kreativitas dalam mengemas konten video yang dilombakan serta berpengaruh positif bagi peningkatan kinerja satuan Pomad.

Ungkap Rasa Syukur, Puspomad Peringati HUT Ke – 75 Pomad

Oleh Berita Satuan, HUT KE-75 POMAD 2021

Komandan Pusat Polisi Militer TNI Angkatan Darat Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc., memimpin Apel Corps Pomad dalam rangka peringatan HUT Ke-75 Polisi Militer Angkatan Darat di Markas Batalion Polisi Militer Angkatan Darat di Jonggol, Selasa (22/06/2021). Apel Corps dihadiri Wadanpuspomad beserta para pejabat utama Puspomad, perwakilan personel militer dan PNS Puspomad, perwakilan Yonwalprotneg Paspampres, perwakilan Pom Kostrad dan perwakilan personel Yonpomad.

Dalam peringatan usia Ke- 75 Tahun ini, Puspomad yang berada di Jakarta menggelar beberapa kegiatan sosial yang menyentuh masyarakat dan keluarga besar Puspomad. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain pencanangan tahun Polisi Militer Angkatan Darat, Santunan, Donor Darah, Doa Bersama, Napak Tilas di Trowulan Jawa Timur, Karya Bhakti, Bhakti Sosial, Anjangsana kepada sesepuh Corps Pomad, Webinar Persit KCK Cabang BS Puspomad, Ziarah rombongan, Kegiatan lari secara virtual bertajuk “Pomad Virtual Run 2021”, Apel Corps dan Syukuran.

Dalam amanat yang dibacakan saat acara Apel Corps, Danpuspomad berpesan agar prajurit Pomad dimanapun bertugas dan berada harus mampu menjaga nama baik Corps Pomad, dengan selalu berkomitmen dan bertekad menjalankan Panca Dharma Corps dalam tugas dan kehidupan sehari-hari.

“Prajurit Pomad tidak hanya selaku penegak, tetapi juga menjadi pelopor penegakan hukum disiplin tata tertib dengan tidak melakukan pelanggaran dan perbuatan melawan hukum sehingga Pomad dapat dijadikan contoh dan suri tauladan bagi prajurit TNI AD lainnya” tegas Danpuspomad.

Danpuspomad juga mengucapkan terima kasih yang tulus dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap Prajurit dan PNS Pomad beserta keluarga dimanapun bertugas dan berada, dan berharap senantiasa diberi kekuatan untuk dapat mempertahankan semangat dan kinerja terbaik, demi kejayaan Corps Polisi Militer TNI AD, TNI, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan dilanjutnya dengan acara syukuran sebagai wujud rasa syukur atas pencapaian tugas Pokok dan kemajuan Pomad hingga kondisi sekarang ini. Pada usia yang ke-75, Pomad dapat melaksanakan fungsi dan tugas dengan baik, berkat kerja keras dan semangat juang seluruh prajurit Pomad dan berkat dukungan serta bantuan dari pendahulu, sesepuh dan senior corps serta keluarga besar Pomad.

“Kedepan tugas semakin berat, mari tingkatkan kinerja dan profesionalisme, sehingga menjadi Prajurit Pomad yang Profesional dan  Adaptif” pesan Danpuspomad.       

Potongan tumpeng diserahkan kepada Ketua PKP Pomad Mayjen TNI (Purn) Unggul K. Yudoyono yang pernah menjabat sebagai Danpuspomad ke-27 dan penyerahan tumpeng kepada Pratu Alam Saputra Personel Yonwalprotneg Paspampres yang bulan April lalu meraih sabuk juara tinju nasional.

Memperhatikan kondisi yang terjadi saat ini terkait dengan pandemi COVID-19, pelaksanaan rangkaian kegiatan dilakukan secara sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan. Di setiap kegiatan dilakukan pembatasan peserta yang hadir, menerapkan 3M dan dilakukan swab antigen untuk memastikan kondisi yang hadir betul-betul aman.

Ziarah dalam rangka memperingati HUT Ke-75 Pomad

Oleh Berita Satuan

Danpuspomad Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc memimpin kegiatan ziarah dalam rangka memperingati HUT Ke-75 Polisi Militer TNI Angkatan Darat Tahun 2021 bertempat di Taman Makam Pahlawan Nasional, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (18/06/2021)

Turut hadir dalam acara ini para sesepuh dan senior Pomad, para Perwira Tinggi Pomad yang bertugas di luar Corps, Wadanpuspomad beserta PJU Puspomad dan Ketua Persit KCK Cabang BS Puspomad beserta pengurus.

Tanpa mengurangi khidmatnya acara, jumlah peserta yang hadir dibatasi, sehingga protokol kesehatan tetap dapat terjaga.

Napak tilas di pusat Kerajaan Majapahit peringati HUT Ke-75 Pomad

Oleh Berita Satuan

Peringatan HUT Ke-75 Polisi Militer TNI Angkatan Darat tahun ini diperingati dengan melakukan napak tilas di Bhumi Majapahit, Mojokerto Jawa Timur, Sabtu (12/6/2021).

Napak tilas dipimpin langsung oleh Danpuspomad Letjen TNI Chandra W.Sukotjo, M.Sc., didampingi Ketua Persit KCK Cabang BS Puspomad Ny. Tamara Chandra W. Sukotjo. Turut hadir dalam kegiatan ini Letjen TNI (Purn) Dodik Wijanarko, S.H., C.Fr.A., Dan PMPP TNI Mayjen TNI Victor H. Simatupang, M.Bus., Danpuspom TNI Mayjen TNI Eddy Rate Muis, S.H.,M.H., Wadanpuspomad Mayjen TNI Rudi Yulianto, Kolonel Cpm (Purn) Eddy M. Pattinasarani, Brigjen TNI (Purn) Drs. Sucastiyono, S.H dan Pejabat Utama Puspomad.  

Kedatangan rombongan disambut oleh Kasdam V/Brw Brigjen TNI Agus Setiawan, S.E., Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf M.Dariyanto, Danpomdam V/Brw Kolonel Cpm M. Sawi, Bupati Kabupaten Mojokerto Ibu dr. HJ. Ikfina Fahmawati, M.Si. dan pejabat Forkopimda Kabupaten Mojokerto.

Dalam sambutannya, Danpuspomad mengatakan bahwa pemilihan napak tilas di Pendopo Agung Trowulan  adalah untuk mengingat masa kejayaan Majapahit yang dipimpin Raja Hayam Wuruk dengan Maha Patih Gajah Mada yang bertekad kuat menyatukan Nusantara.

“Nilai-nilai yang digariskan oleh Mahapatih Gajah Mada telah menjadi pedoman bagi Corps Polisi Militer Angkatan Darat yang dikenal dengan Panca Dharma Corps yang terdiri dari Sifat ksatria, Sifat bijaksana, Pantang mundur, Kebesaran hati dan Kejujuran” jelasnya.

“Di hari ulang tahun ke-75 ini kami seluruh prajurit Corps Polisi Militer Angkatan Darat bertekad menjadi prajurit Polisi Militer Angkatan Darat yang profesional dan adaptif yang siap mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat ” tegas Danpuspomad.

Pada kesempatan itu pula, Danpuspomad meresmikan renovasi joglo patung Gajahmada yang berada di halaman Pendopo dan menyerahkan bantuan sosial kepada warga yang tinggal di sekitar Pendopo Agung Trowulan.

Doa Bersama Menjelang HUT Ke 75 Pomad

Oleh Berita Satuan

Memperingati HUT Ke 75 Pomad yang jatuh pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang, Puspomad melaksanakan Doa bersama yang diikuti seluruh personel Puspomad. Kamis (10/06/2021).

Dalam doa yang dipimpin Kolonel Caj Drs. Abu Haris Mutohar, M.Si di Aula Gatot Soebroto, memohon agar seluruh prajurit Pomad dan keluarga dimanapun berada, mendapatkan ridho dan berada dalam lindungan Allah SWT, selalu diberi kesehatan dan kekuatan sehingga mampu melaksanakan tugas secara profesional dan adaptif dalam mendukung Tugas Pokok TNI AD.

Kegiatan Doa bersama dilaksanakan secara serentak, yang beragama Islam bertempat di Aula Gatot Soebroto, agama Kristen di ruang rapat Lt. II dan agama Hindu di Lt II Gedung S. Parman, Mapuspomad Jakarta.

Kegiatan doa bersama ini juga digelar untuk memohon keselamatan dan kelancaran agar selama rangkaian peringatan HUT Ke-75 Pomad dapat berjalan dengan tertib dan aman.

MENYAMBUT HUT KE 75 POMAD, PUSPOMAD GELAR DONOR DARAH

Oleh Berita Satuan

Hari ini, Rabu (9/06/2021), digelar kegiatan Donor darah di Puspomad dalam rangka memperingati HUT ke-75 Pomad, bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah RSPAD Gatot Soebroto.

Kegiatan dibuka langsung oleh Komandan Pusat Polisi Militer TNI Angkatan Darat Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc. dan dihadiri oleh Pejabat Utama Puspomad dan pengurus Persit KCK PCBS Puspomad.

Selain itu, sebanyak 303 pedonor terdiri dari personel Puspomad, perwakilan dari Puspom TNI, perwakilan dari Puspomal, Puspomau, Pom Kostrad, Yonwalprotneg, Yonpomad dan Divpropam Polri tampak hadir meramaikan kegiatan ini. Pihak panitia dengan ketat  menjalankan protokol kesehatan selama berlangsungnya acara.

Dalam sambutannya Danpuspomad mengucapkan terimakasih atas partisipasi peserta dalam menyumbangkan darahnya pada kesempatan hari ini. “Donor darah yang kita laksanakan dalam rangka HUT ke-75 Pomad ini merupakan wujud kepada bangsa dan negara, karena satu kantung darah bisa memberi kehidupan bagi orang yang membutuhkan, terlebih saat masa pendemi Covid-19 yang sangat membutuhkan banyak stok darah bagi PMI setempat,” ujarnya.

Disinggung juga tentang pepatah “A little blood for a big hope”, dimana bermakna dengan sedikit darah yang diberika akan memberikan harapan besar dan membantu banyak orang yang membutuhkan.

Kegiatan Donor darah yang digelar merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT Ke-75 Pomad yang jatuh pada tanggal 22 Juni 2021.

POMAD VIRTUAL RUN 2021

Oleh Berita Satuan

Dalam rangka memperingati HUT ke 75 Polisi Militer TNI Angkatan Darat, akan diselenggarakan POMAD VIRTUAL RUN 2021, ini kegiatan Lari secara virtual dengan menggunakan Aplikasi DEOS yang dapat diinstal dari aplikasi Google Play (Android) dan Appstore (iOS).

Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online melalui https://pomad2021.deossport.com/
, mulai tanggal 24 Mei sampai 20 Juni 2021, sedangkan pelaksanaannya Run pada tanggal 22 Juni sampai 8 Juli 2021. Pelaksanaan lari dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, yang penting diantara tanggal diatas. Lari dilaksanakan sejauh 5 Kilometer, apabila tidak kuat lari dapat dilanjutkan dengan jalan kaki yang penting tercapai jarak 5 Kilometer. Namun ingat tetap lakukan protokol kesehatan di masa Pandemi, jangan lari berkerumun dan tetap jaga jarak.

Biaya pendaftaran via Aplikasi sebesar RP 135.000, dan peserta akan mendapatkan Medali 75 Th Pomad dan Jersey Premium yang akan dikirim secara gratis via JNE ke alamat rumah sesuai pendaftaran.

Harapannya kegiatan ini dapat memecahkan rekor MURI yang akan diserahkan pada saat acara Syukuran HUT ke 75 Pomad tanggal 22 Juni 2021.

Yang terpenting dengan mengikuti kegiatan ini masyarakat menjadi sehat dan bugar, meskipun di masa pandemi ini.

ACARA SERAH TERIMA JABATAN DIRCAB DAN DANSATIDIK PUSPOMAD

Oleh Berita Satuan

Danpuspomad Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc. memimpin Upacara Sertijab (Serah Terima Jabatan) Dircab (Direktur Kecabangan) dari Brigjen TNI Fauzy Helmy D, S.H., kepada Brigjen TNI Eko Yatma Pranowo dan sertijab Dansatidik (Komandan Satuan Penyidik) dari Brigjen TNI Eko Yatma Pranowo kepada Kolonel Cpm Kemas A. Yani Y., S.H., M.Hum.,.Upacara Sertijab dilaksanakan di Ruang Hening Gedung S. Parman Mapuspomad, Jakarta, Senin (31/05/2021).

Wadan Puspomad Mayjen TNI Rudi Yulianto dan para pejabat utama Puspomad turut menghadiri upacara tersebut.

Setelah Upacara Sertijab Danpuspomad memberikan Cinderamata kepada Brigjen TNI Fauzy Helmy D, S.H. dan ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada Brigjen TNI Fauzy Helmi, atas pelaksanaan tugasnya dengan baik selama mengemban tugas di lingkungan Puspomad. Begitu juga, Danpuspomad mengucapkan Selamat kepada Brigjen TNI Eko Yatma P, dan Kolonel Cpm Kemas A. Yani, atas amanah jabatan baru di lingkungan Puspomad.