Berita Satuan

IKUTI PERINGATAN HUT KE-75 TENTARA NASIONAL INDONESIA DI AULA PUSPOMAD

Oleh 5 Oktober 2020   Dibaca: 45 No Comments

Perwakilan personel Puspomad mengikuti peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) bertempat di Aula Gatot Subroto Puspomad secara virtual. Kegiatan dipimpin oleh Inspektur Puspomad Brigjen TNI Ujang Martenis, S.H, diikuti oleh beberapa perwakilan personel saja, dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19, namun demikian acara berjalan tertib dan khidmat.

HUT ke-75 Tentara Nasional Indonesia digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/10) pagi, dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dengan mengusung tema “Sinergi untuk Negeri”. Hadir dalam upacara peringatan TNI yaitu Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Mengawali amanatnya, Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat hari ulang tahun TNI kepada seluruh perwira, purnawirawan, dan prajurit TNI. “Atas nama rakyat, bangsa, dan negara saya menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia yang ke-75. Hari ulang tahun TNI ini bukan hanya dirayakan oleh anggota dan keluarga besar TNI di manapun berada tetapi juga oleh segenap rakyat Indonesia,” kata Presiden.

Presiden mengapresiasi peran TNI yang dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19 sekarang ini. Presiden menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar dan institusi serta para prajurit TNI yang sedang bertugas di manapun. Apresiasi juga diberikannya kepada para purnawirawan yang telah mewariskan institusi dan juga prajurit TNI yang selalu berbakti untuk kemajuan negeri dalam dunia yang selalu berubah.

Baca Juga :  Danpuspomad memberikan pembekalan kepada peserta pendidikan Suspa Idik Crash Program di pusdikpom kodiklatad

Disampaikan Kepala Negara, perjalanan panjang sejak perjuangan kemerdekaan sampai saat ini menunjukan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Usai upacara, Presiden melakukan video konferensi dengan prajurit TNI pada enam Satgas TNI, yaitu Satgas untuk penugasan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Republik Demokratik Kongo ; Satgas untuk Pengamanan Pulau Terdepan di Pulau Sekatung, Natuna, Kepulauan Riau; Satgas untuk Pengamanan Wilayah Natuna Utara; Satgas Pandemi Covid-19, di Pulau Galang, Natuna, Kepulauan Riau; Satgas Pengamanan Wilayah Udara Nasional di Pulau Saumlaki, Maluku; dan Satgas Pengamanan Perbatasan Negara RI dan Papua Nugini, di Papua.

HUT ke-75 TNI ini juga diikuti secara virtual oleh prajurit TNI dari markas besar masing-masing angkatan, juga jajaran Kodam, Komando Armada Angkatan Laut, dan Komando Operasi Angkatan Udara di seluruh Indonesia.

Pada acara di Aula Puspomad, sebelum acara berakhir dilakukan doa bersama dan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada Perwira Menengah yang naik pangkat 1-10 kemarin.