Berita SatuanHUT KE-77 POMAD 2023

Letkol Cpm IGK Manila Komandan Ganesha

Oleh 19 Juni 2023   Dibaca: 1088 No Comments

Lahir di Singaraja Bali 8 Juli 1942. IGK Manila lulus Akademi Militer Nasional (AMN) tahun 1964. Ia adalah I diantara 15 perwira remaja pertama lulusan AMN dengan kecabangan Corps Polisi Militer. Setelah mengikuti SUSARBANG PAJA POM, IGK Manila menjadi Komandan Peleton di Batalyon POMAD PARA yang bermarkas di Ciluar Bogor.

IGK Manila selanjutnya ditugaskan ke Kalimantan, menjadi Komandan Peleton-1 Detasemen POM KOPUR IV/MANDAU (Komando Tempur IV/Mandau), kemudian diangkat menjadi ajudan Panglima KOPUR IV/Mandau Kolonel Wijoyo Suyono sampai komando operasi tersebut berakhir. Usai penugasan di Kalimantan IGK Manila berturut-turut bertugas di Jakarta, Bali, menjadi asisten Atase Militer di Perancis, menjadi ajudan KABAKIN, gumil di Pusdikpom serta bergabung dalam pasukan GARUDA ke Timur Tengah dalam misi UNEF II (Second United Nations Emergency Force.).

Nama IGK Manila menjadi pusat perhatian serta bahan perbincangan masyarakat luas baik nasional maupun internasional setelah keberhasilannya memimpin OPERASI GANESA yaitu sebuah operasi khusus yakni mentranslokasikan gajah-gajah liar Sumatera dari daerah Air Sugihan ke kawasan konservasi baru di Lebong Hitam. Sebagai Komandan Operasi, Letkol Cpm IGK Manila harus mensinergikan unsur ABRI (TNI sekarang), instansi-instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan serta masyarakat umum, untuk bersama-sama bekerja mengembalikan dan memelihara kelestarian serta keserasian lingkungan hidup secara cepat, cermat dan terpadu, dengan menggiring gajah-gajah liar Sumatera dari kawasan Air Sugihan (kawasan transmigrasi) ke kawasan baru di Lebong Hitam. Diharapkan melalui operasi khusus ini gajah sebagai satwa yang dilindungi dapat tetap lestari dan pembangunan nasional dapat terselenggara sesuai dengan rencana.

Baca Juga :  Pomdam III/Slw Terlibat Pengawalan Dan Pengaturan Parkir Dalam Seminar VI TNI AD Tahun 2022 di Seskoad Yang Dipimpin oleh Kasad.

Usai memimpin Operasi Ganesa, IGK Manila berturut-turut menjadi Komandan Pusdikpom, Wakil Komandan PUSPOM, staf ahli Panglima ABRI, menjadi Kepala IPDN (Institut Pemerintah Dalam Negeri , dan terakhir menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Penerangan. IGK Manila purna tugas dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal TNI.