PERESMIAN INSTALASI TAHANAN MILITER“SMART” DI MAPOMDAM JAYA/ JAYAKARTA

Oleh Satpomwil

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa didampingi Danpuspomad Letnan Jenderal TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc. dan Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman meresmikan instalasi Tahanan Militer “SMART” di Mapomdam Jaya Jayakarta, Jakarta selatan pada hari Selasa (20/4/21).

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala RSPAD Gatoto Soebroto, Wadanpuspomad, Kapusziad, Kapusmasmil TNI, para Asisten Kasad, beberapa purnawirawan Polisi Militer Angkatan Darat dan pejabata TNI lainnya.
Instalasi Tahanan Militer berbasis Information, Communication, Technology (ICT) sehingga sudah terintegrasi sedemikian rupa dan terprogram. Hal ini menjadikan hunian tahanan militer tersebut menjadi yang tercanggih pertama yang dimiliki TNI Angkatan Darat.

“Semuanya ini sudah diintegrasikan sedemikian rupa. Satu sangat aman, kedua juga sangat terkendali karena semuanya sudah diprogram. Jadi sudah tidak lagi manual penguncian, kemudian nyala lampu dan semuanya, jadi semuanya sudah diprogram secara elektronik sehingga bisa otomatis,” ujar kata Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa.

Instalasi Tahanan Militer milik Pomdam Jay tersebut dibangun di tanah seluas 1500 meter persegi dan mampu menampung sebanyak 83 prajurit binaan. Fasilitas ini juga telah dilengkapi dengan artificial intelligence (kecerdasan buatan) untuk memantau gerak gerik para tahanan, sehingga lebih nyaman dan manusiawi. Bahkan, minim terjadi praktik persekusi dan kekerasan.
Untuk anggaran pembangunannya, TNI AD mengeluarkan sekitar Rp 100 miliar, “Anggarannya sendiri ini sekitar Rp 100 miliar, itu anggaran tahun lalu 2020. Kita juga merasa beruntung karena sekalipun kita juga harus berbagi dalam hal pemotongan anggaran karena kita menghadapi pandemi, tapi kita masih bisa mewujudkan instalasi tahanan militer ini,” jelas Jenderal TNI Andika Perkasa.

Lebih lanjut, Kasad berharap bisa mendapatkan satu lagi instalasi tahanan canggih seperti ini dalam hal pengadaan. Dia juga meminta Polisi Militer Kodam Jaya dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik mungkin. “Jadi saya titip kepada seluruh pejabat di Polisi Militer Kodam Jaya untuk benar-benar memanfaatkan kelebihan dari instalasi tahanan militer ini karena memang inilah yang seharusnya kita miliki”.

Dandenpom IM/1 beserta seluruh personel Denpom IM/1 Lhokseumawe Turun Ke Lokasi untuk meninjau langsung ke Desa Binaan Denpom IM/1

Oleh Satpomwil

Lhokseumawe — Budi daya ikan lele menjadi salah satu solusi bagi ketahanan pangan masyarakat di Desa paya Punteut kecamatan Muara Dua kota lhokseumawe pada pandemik COVID-19 saat ini.Jumat 12/3/21.

Sejumlah bantuan telah diberikan khususnya bagi masyarakat yang terkena dampak secara ekonomi. Pada Jumat (12/3/21) telah diberikan sejumlah bantuan berupa Ikan lele 15000 Pupuk 5 karung,Bibit cabai 5 bungkus, Sapi 1 ekor pemberian Denpom IM/1
Total sapi di piara 11 ekor, dan Sasaran yang di kunjungi lahan pertanian seluas 2 hektare, dan memberikan bibit cabai, terong, Semangka, jagung, dan pupuk.

Serta peternakan lele/dan Memberikan satu ekor sapi untuk penggemukan.Bantuan ini merupakan stimulus awal bagi masyarakat agar dapat “bertahan” di tengah Pandemi COVID-19 ini. Selain itu, melalui bantuan tersebut diharapkan dapat menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat secara berkelanjutan.

Hari ini, Jumat (12/3/21) Letkol Cpm Basuki Prijatmono, S.H. Di paya punteut kecamatan Muara dua kota lhokseumawe, Menyampaikan 15000 ekor bibit Budidaya Ikan LeLe dandenpom Polisi Militer, IM/1 . Bantuan itu selanjutnya akan dibagikan kepada masyarakat Paya Punteut dengan disertai edukasi terkait budidaya ikan lele.

Upaya menciptakan ketahanan pangan ditujukan untuk menjamin ketersediaan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dengan gizi seimbang, baik pada tingkat nasional, daerah hingga rumah tangga secara mandiri. Masyarakat diharapkan tetap produktif selama masa Pandemi ini dan mendukung pemerintah dalam mengimplementasikan Era “New Normal”.Edukasi ketahanan pangan diikuti oleh Masyarakat dari seluruh area paya Punteut, Anggota Polisi Militer Dan Geusyik Saiful bahri dan tokoh masyarakat hadir dalam kesempatan tersebut, Gesyik Paya Punteut Saiful bahri mengatakan, Saya sangat berterima kasih kepada komandan Polisi Militer Dandenpom IM/1 kota lhokseumawe yang telah memberikan Kebutuhan masyarakat kami, dan ini benar -benar kami jaga dengan baik, karena ini salah satu program yang baik untuk desa binaan kami, dan acara pun berjalan dengan baik semoga bisa jadi hasilnya.

Pomdam III/ Siliwangi bersama BNN Kota Bandung melaksanakan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan TNI pada anggota polisi militer di Aula Madenpom III/5 Bdg.

Oleh Satpomwil

Strategi P4GN umumnya hanya di kenal upaya penegakan hukum saja, namun demikian dalam aspek pengurangan permintaan (demand reduction) dalam P4GN seperti mengembangkan sistem deteksi dini penyalahgunaan narkoba khususnya di lingkungan kerja.

Kepala BNN Kota Bandung, AKBP Deni Yus Danial menjelaskan bahwa P4GN adalah suatu strategi negara yang didesain untuk menanggulangi permasalahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Bukan saja dari sisi pemberantasan akan tetapi bagaimana upaya pencegahannya di masyarakat. Dalam merespon situasi Indonesia darurat narkoba, maka P4GN ini mendapatkan penguatan melalui Inpres No.2 Tahun 2020 dan Permendagri No.12 Tahun 2019, disebutkan bahwa diperlukan peningkatan peran pemerintah daerah dan masyarakat dalam memfasilitasi P4GN.

Wakil Komandan Pomdam III/Siliwangi, Letkol CPM Rus’an, menyebutkan, program P4GN tersebut dilaksanakan melalui kegiatan sosialisasi edukasi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba serta upaya deteksi dini melalui pemeriksaan urine terhadap para anggotanya. Adapun kegiatan sosialisasi edukasi dan tes urine yang dilakukan secara berkala tersebut tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan ketahanan diri para prajurit Pomdam III/ Siliwangi dari penyalahgunaan narkoba. (16/02/2021)

DANPUSPOMAD Resmikan Kantor Subdenpom IM/2-1 Sabang

Oleh Satpomwil

Komandan Lanud Maimun Saleh Letkol Pnb Dariyanto menghadiri Peresmian Kantor Subdenpom IM/2-1 Sabang oleh DANPUSPOMAD Letjen TNI Dodik Wijanarto, S.H., C.Fr.A, Minggu (10/1/2021)

Peresmian kantor Subdenpom IM/2-1 Sabang diresmikan langsung oleh DANPUSPOMAD Letjen TNI Dodik Wijanarto, S.H., C.Fr.A., dihadiri oleh Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Agus Darmawan, S.E., M.Tr. Hanla, Danlanud Mus Letkol Pnb Dariyanto, Dandim 0112/Sabang Lekol Czi. Istiyarto, S.T., Kapolres Sabang AKBP. Muhammadun S.H., juga turut hadir dari Forkopimda Sabang diantaranya, Asisten I Pemko Sabang Andri Nourman, Kepala Kantor Bea Cukai Sabang Hanif A Zunanto, Kepala KSOP Sabang Sutarmo, Kepala BPKS Sabang Iskandar Zulkarnain.

Danpomdam IM Kolonel Cpm. Doni Tri Windiarto, S.H., menyampaikan terimakasih kepada Danpuspomad Letjen TNI Dodik Wijanarko, S.H., C.Fr.A. yang telah berkenan hadir dalam peresmian Kantor Subdenpom IM/2-1 Sabang juga kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan ikut membantu baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pembangunan Kantor Subdenpom IM/2-1 Sabang.

Dikesempatan itu pula disampaikan oleh Letjen TNI Didik Wijanarko, S.H., C.Fr.A semoga dengan di resmikannya bangunan Kantor Subdenpom IM/2-1 yang baru ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat dan wibawa dalam mengambil langkah-langkah antisipatif dan preventif guna penegakan hukum disiplin dan tata tertib di lingkungan TNI AD Kodam Iskandar Muda, khususnya di wilayah hukum Kodim 0112/Sabang, Pesannya.

SERKA (K) ANISYA WIDYASARI, MERAIH JUARA PERTAMA PERORANGAN DI KEJUARAAN MENEMBAK DANKORMAR CUP TAHUN 2020.

Oleh Satpomwil

Serka (K) Anisya Widyasari Baidik Tipidmilum Denpom III/5 Bandung, meraih Juara Pertama perorangan, di kejuaraan menembak Dankormar Cup tahun 2020 perorangan Eksekutif TNI Polri Putri jarak 20 meter dan Team presisi TNI Polri jarak 25 meter yang di laksanakan di lapangan tembak Jusman Puger Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan 22 november 2020.

Dalam rangka HUT TNI KE 75 bertema ” Sinergi untuk negeri” YONPOMAD PUSPOMAD Gelar kegiatan Donor Darah.

Oleh Satpomwil

Kegiatan donor darah yang gelar di aula yonpomad begitu banyak menarik minat untuk membantu sesama, selain dari anggota yonpomad dan persit dalam kegiatan ini turut hadir diantaranya dari kecamatan jonggol di hadiri langsung oleh Camat Jonggol, Kapolsek Jonggol, Danramil Jonggol, Kepala desa Jonggol, Kepala desa sinargalih, Kepala Desa weninggali serta sebanyak 55 orang dari 11 ormas yang ada di bogor dan bekasi turut berpartisipasi diantarnya dari DPC Gemetara raya kabupaten bekasi, Ormas
GP Ansor, Gibas, Pemuda Pancasila, Pejuang Siliwangi, Satria
LMP, Banser NU, FKPPI, YKKI, KNPI dengan total keseluruhan peserta Donor 105 orang.

Dalam sambutannya komandan batalyon polisi militer, Mayor CPM yudha pratama, S.H., M.M. menyampaikan meski indonesia sekarang ini masih ditengah pandemi covid 19 bukan halangan bagi Kita untuk tidak bisa berbuat banyak untuk membantu kesulitan masyarakat kita bisa menyumbangkan tenaga dan darah kita untuk masyarakat yang membutuhkan melalui organisasi PMI yang dibantu oleh YKKI sehingga diharapkan kita semua dapat membantu sesama masyarakat yang membutuhkan darah ditengah Pandemi Covid 19.

Kegiatan donor darah ini dilakukan sesuai protokol kesehatan di antaranya panitia menyediakan tempat cuci tangan serta peserta pun diwajibkan memakai masker.

Kegiatan penggalangan donor darah yang di lakukan oleh Yonpomad sebagai bentuk sinergitas untuk negeri antara pihak TNI dan ormas yang ada di kabupaten bogor.

Denpom IX/2 Mataram Melaksanakan Kegiatan Pengawalan Yonif 742/SWJ Dalam Latihan Taktis

Oleh Satpomwil

Denpom IX/2 Mataram melaksanakan kegiatan pengawalan Yonif 742/SWY dalam rangka Latihan Taktis dari Mako Gebang Mataram menuju sasaran latihan didaerah pegunungan desa Lenang Gendis Mereje kec. Lembar NTB. Senin, (28/09/2020).

Pengawalan yang dipimpin oleh Dansatlakgakkumwal Kapten Cpm Wahyudi Agus beserta 3 orang personel menggunakan 2 ran kawal Mitsubishi Pajero dan Ran Fortuner.

Subdenpom IM/1-4 Kutacane Melaksanakan Razia Gabungan Penegakan Disiplin Protokol Kesehetan Covid-19

Oleh Satpomwil

 

Subdenpom IM/1-4 Kutacane melaksanakan Razia Gabungan penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 di Depan Kampus Universitas Gunung Lauder (UGL) Kab. Agara di Wilayah Kec. Babussalam yang dipimpin oleh Kabid Satpol PP Kab. Agara dengan personel Gabungan berjumlah 50 orang.
Senin, (28/09/2020).

Sebanyak 108 orang masyarakat yang tidak menggunakan masker dan terjaring Razia dan diberikan Sanksi berupa sanksi administratif berupa teguran lisan dan sanksi sosial.

Pomdam Iskandar Muda Mendukung Protokol Kesehatan Dan Mencegah Penyebaran Covid-19

Oleh Satpomwil

Pomdam Iskandar Muda Selaku Badan Pelaksana Kodam IM dalam rangka mendukung Peningkatan Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran dan memutus mata rantai Covid 19, telah mendirikan Posko Satuan Tugas Siaga Covid-19 di lingkungan Markas Pomdam IM. Minggu (27/09/20).

Danpomdam IM Letnan Kolonel Cpm Dony Tri Windiarto, S.H menegaskan pembentukan Posko Satgas Siaga Covid-19 ini adalah sebagai wujud kesiapsiagaan satuan dalam mencegah penyebaran Covid-19 yang akhir akhir ini jumlahnya semakin meningkat.

Pomdam IM juga aktif dalam sosialisasi, penyuluhan bahaya Covid-19 serta pemberian Masker kepada masyarakat desa Binaan.