Satpomwil

PERESMIAN INSTALASI TAHANAN MILITER“SMART” DI MAPOMDAM JAYA/ JAYAKARTA

Oleh 21 April 2021   Dibaca: 157 No Comments

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa didampingi Danpuspomad Letnan Jenderal TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc. dan Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman meresmikan instalasi Tahanan Militer “SMART” di Mapomdam Jaya Jayakarta, Jakarta selatan pada hari Selasa (20/4/21).

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala RSPAD Gatoto Soebroto, Wadanpuspomad, Kapusziad, Kapusmasmil TNI, para Asisten Kasad, beberapa purnawirawan Polisi Militer Angkatan Darat dan pejabata TNI lainnya.
Instalasi Tahanan Militer berbasis Information, Communication, Technology (ICT) sehingga sudah terintegrasi sedemikian rupa dan terprogram. Hal ini menjadikan hunian tahanan militer tersebut menjadi yang tercanggih pertama yang dimiliki TNI Angkatan Darat.

“Semuanya ini sudah diintegrasikan sedemikian rupa. Satu sangat aman, kedua juga sangat terkendali karena semuanya sudah diprogram. Jadi sudah tidak lagi manual penguncian, kemudian nyala lampu dan semuanya, jadi semuanya sudah diprogram secara elektronik sehingga bisa otomatis,” ujar kata Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa.

Instalasi Tahanan Militer milik Pomdam Jay tersebut dibangun di tanah seluas 1500 meter persegi dan mampu menampung sebanyak 83 prajurit binaan. Fasilitas ini juga telah dilengkapi dengan artificial intelligence (kecerdasan buatan) untuk memantau gerak gerik para tahanan, sehingga lebih nyaman dan manusiawi. Bahkan, minim terjadi praktik persekusi dan kekerasan.
Untuk anggaran pembangunannya, TNI AD mengeluarkan sekitar Rp 100 miliar, “Anggarannya sendiri ini sekitar Rp 100 miliar, itu anggaran tahun lalu 2020. Kita juga merasa beruntung karena sekalipun kita juga harus berbagi dalam hal pemotongan anggaran karena kita menghadapi pandemi, tapi kita masih bisa mewujudkan instalasi tahanan militer ini,” jelas Jenderal TNI Andika Perkasa.

Baca Juga :  BAGI SEMBAKO KEPADA WARGA SEKITAR TEMPAT LATIHAN

Lebih lanjut, Kasad berharap bisa mendapatkan satu lagi instalasi tahanan canggih seperti ini dalam hal pengadaan. Dia juga meminta Polisi Militer Kodam Jaya dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik mungkin. “Jadi saya titip kepada seluruh pejabat di Polisi Militer Kodam Jaya untuk benar-benar memanfaatkan kelebihan dari instalasi tahanan militer ini karena memang inilah yang seharusnya kita miliki”.