Satgas SEMPU XXV-M Melaksanakan Tradisi Pelepasan Rotasi Chalk-1 Outgoing

Oleh Satuan Tugas

Acara tradisi pelepasan personel chalk-1 Outgoing Satgas SEMPU (Sector East Military Police Unit) XXV-M ini dipimpin oleh Dansatgas MPU XXV-M/Unifil Letkol Cpm Yudha Pratama S.H., M.M. bertempat di lapangan SEMPU UNP 7-3 Blat, Marjayoun Lebanon Selatan, Jumat (14/1/2022).

Acara ini merupakan sebuah tradisi yang terus menerus dilaksanakan bagi peacekeeper SEMPU yang sudah melaksnakan misi satu tahun sebelum meninggalkan area misi di Lebanon. Acara ini dilanjutkan penciuman bendera merah putih dan bendera tunggul SEMPU serta foto bersama dan acara pelepasan.

Dalam sambutanya, Dansatgas MPU XXV-M menyampaikan rasa bangganya dan ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada 10 personel chalk-1 yang telah berhasil melakasanakan misi dengan baik dan lancar tanpa ada kendala. Serta menyampaikan kepada sisa personel yang ada untuk meneruskan perjuangan pesonel chalk-1 sampai dengan End of Mission dengan baik dan terus semangat.

Personel SEMPU XXV-M Unifil Lebanon melaksanakan TCKP

Oleh Satuan Tugas

Personel Satgas SEMPU XXV-M Unifil Lebanon Sertu Urai dan tim melaksanakan tugas operasional TCKP (Temporary Check Point) atau pengamanan pos perbatasan yang bertujuan untuk mengecek kendaraan atau personel yang akan masuk atau keluar (AoR) Area of Operation. Lebanon Selatan, Jumat (24/12/2021)

Kontribusi Tekan Angka Kecelakaan di Libanon Selatan

Oleh Satuan Tugas

Road Safety Campaign : Kontribusi Tekan Angka Kecelakaan di Libanon Selatan

Satgas Sector East Military Police Unit (SEMPU) Kontingen Garuda XXV-M/UNIFIL membantu menekan angka kecelakaan lalu lintas bagi para penjaga perdamaian yang berada di medan operasi di Lebanon Selatan melalui kegiatan kampanye keselamatan berlalu lintas atau Road Safety Campaign (RSC).

Dansatgas MPU Konga XXV-M/UNIFIL Letkol Cpm Yudha Pratama mengatakan tujuan dari kagiatan kampanye ini untuk memberikan wawasan kepada seluruh personel UNIFIL tentang regulasi yang berlaku dan pentingnya tertib berlalu lintas. Hal ini untuk menghindari segala bentuk pelanggaran sekaligus menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Dalam kegiatan ini, dua perwira yakni Lettu Cpm M Fadli Makarim sebagai koodinator dan OIC Traffic Lettu Cpm Adriansah beserta anggota tim secara bersamaan menggelar presentasi kepada seluruh unit di jajaran Sektor Timur, diantaranya ke kontingen India, Indonesia, dan Nepal. Selain itu SEMPU juga melaksanakan kampanye saat melaksanakan Road Check Point atau Pos Penegakan dan Pemeriksaan lalu lintas dengan memberikan peringatan serta membagikan brosur tentang keselamatan berlalu lintas.

SATGAS SEMPU XXV-M MELATIHKAN KEMAMPUAN CROWD RIOT CONTROL (CRC) KEPADA UNIT DI SEKTOR TIMUR UNIFIL

Oleh Satuan Tugas
Satgas SEMPU (Sector East Military Police Unit) XXV-M yang sedang bertugas di Lebanon Selatan mendapatkan perintah untuk menyelenggarakan Latihan CRC atau Pengendalian Huru Hara (PHH) yang dilaksankan selama tiga hari dari 29 Juni sd 1 Juli 2021 bertempat di area Mako Sektor Timur UNP 7-2. Latihan ini mulai diaktifkan kembali setelah vakum selama 1 tahun sehubungan dengan pandemi Covid.

Latihan ini bertujuan untuk menyamakan teknik, prosedur sesuai SOP CRC terbaru terkait kemampuan CRC dan juga sebagai wadah Training Of Trainer kepada seluruh unit di Sektor Timur dimana sebagai antisipasi guna menghadapi perkembangan situasi pada setiap saat.

Rangkaian kegiatan ini diawali pembukaan latihan dihari pertama oleh Dansatgas SEMPU Letkol Cpm Yudha Pratama, S.H.,M.M. dilanjutkan dengan demontsrasi CRC yang dipersembahkan oleh kontingen Indonesia yaitu SEMPU dan TF Bravo berupa skenario Demonstrasi Road Block, Demonstrasi didepan UNP dan Demonstrasi di Kota.

Di hari kedua latihan dipimpin oleh Pasiop SEMPU Lettu Cpm Makarim kepada 120 peserta dengan perwakilan dari Batalyon India, Nepal, Spanyol dan Indonesia, Task Force Alpha dan Task Force Bravo tentang gerakan dasar, formasi CRC dan beberapa skenario yang mungkin terjadi.

Rangkaian kegiatan dihari ketiga berupa latihan aplikasi dimana peserta menghadapi demonstrasi yang diperagakan oleh Role Player dengan skenario yang ada. Pada kesempatan ini juga latihan disaksikan oleh Komandan Sektor Timur UNIFIL Brigjen Javier Mur Lalaguna. Kegiatan ini ditutup dengan pemberian sertifikat dari Wakil Komandan Sektor Timur UNIFIL Kolonel Arh Budi Laksana kepada seuruh para peserta dan pendukung latihan CRC.

Personel SEMPU Solat Idul Fitri Di Daerah Misi Lebanon

Oleh Satuan Tugas

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kontingen Garuda UNIFIL (United Nation Interim Force In Lebanon), melaksanakan Sholat Idul Fitri 1442 H, di Markas Sector East Military Police Unit, UN Post 7-3, Lebanon Selatan, Kamis (13/5/2021).

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri ini di ikuti oleh seluruh Prajurit TNI yang berada di UN Post 7-3 & UN Post 7-2, diantaranya Personel Sector East Military Police Unit (SEMPU), Task Force Bravo (TFB)& Milstaff.

Rangkaian Solat Idul Fitri kali ini diawali dengan lantuna takbiran yang diikuti oleh seluruh jamaah, kemudian Solat yang dipimpin oleh Imam Kopda Saprizal dan dilanjutkan Khutbah oleh Khatib Pelda Saefu dan diakhiri dengan Halal Bihalal antar sesama Prajurit dengan memperhatikan prosedur Kesehatan.

Dansatgas SEMPU Letkol Cpm Yudha Pratamaa menyampaikan “Solat Idul Fitri ini menjadi moment yang penting serta momen yang belum tentu bisa terulang bagi personel muslim yang sedang bertugas di Lebanon Selatan khususnya Sektor Timur.”

Turut Hadi dalam pelaksanaan Solat Idul Fitri yaitu DCO Sector East Kolonel Arh Budi Laksana.